Pengolahan Air Limbah Domestik

Pengolahan Air Limbah Domestik

Tahapan Pengolahan Air Limbah Domestik dan Tujuan Pengolahannya

Pengolahan air limbah domestik wajib untuk anda ketahui dengan baik. Adapun tujuan dari  pengolahan air limbah tersebut adalah untuk meminimalisir dampak yang diakibatkan oleh air limbah karena adanya berbagai macam kandungan berbahaya  yang ada di dalamnya. Tidak hanya  limbah industri saja, anda pun juga harus melakukan pengolahan pada limbah cair rumah tangga. 

Limbah cair ini merupakan limbah cair yang berasal dari berbagai macam aktivitas yang ada di rumah tangga. Pengolahan limbah cair pada rumah tangga ini pun juga bisa meminimalisir pencemaran lingkungan dan akan menjaga kualitas tanah. 

Baca juga : Tujuan Purifikasi Air Limbah

Tahap pengolahan air limbah rumah tangga yang wajib di ketahui 

Sekedar informasi untuk anda, limbah cair yang dihasilkan dari rumah tangga secara umum dibagi menjadi tiga jenis yakni : grey water dimana merupakan limbah yang bukan berasal dari kotoran manusia seperti air mandi maupun bekas cucian. Selain itu  ada black water yang merupakan limbah yang berasal dari kotoran manusia dan terakhir ada clear water dimana merupakan limbah cair yang bisa berasal dari kulkas maupun AC. 

Pada proses pengolahan air limbah domestik, ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan untuk mengolah limbah cair rumah tangga tersebut. salah satunya adalah dengan penggunaan septic tank ramah lingkungan. Ya jenis pengolahan limbah  yang satu ini memang wajib ada di rumah anda. nantinya, di dalam septic tank ini terdapat 2 jenis pengolahan yakni secara biologis dan biokimia dimana akan melibatkan berbagai macam jenis bakteri. 

Adapun bakteri untuk septic tank yang biasa digunakan oleh golongan bakteri yang membutuhkan oksigen atau aerob dan bakteri yang tidak membutuhkan oksigen atau anaerob.  Sifat bakteri itulah  yang akan membantu proses pengolahan limbah cair domestic akan lebih cepat. system aerob sendiri bekerja lebih cepat tetapi membutuhkan energi yang lebih besar. 

Nantinya, di dalam septic tank tersebut, bakteri yang bertugas untuk mengurai akan memproduksi enzim yang akan berfungsi untuk menguraikan limbah itu sendiri. Proses ini sendiri bisa berlangsung hingga kurang lebih 2 bulan. 

Baca juga : Pengolahan Limbah Medis di Puskesmas

 Walaupun demikian, untuk anda yang ingin membuat septic ini maka anda tidak boleh sembarangan. Anda wajib untuk memperhatikan bagaimana tahap proses pengolahan septic tank menurut jurnal pengolahan limbah cair yang ada

  • Pengolahan awal 

Tahapan  pengolahan air limbah pertama adalah pengolahan awal atau pretreatmen. Tahap ini sendiri akan melibatkan proses fisik dimana tujuannya adalah untuk menghilangkan padatan tersuspensi dan minyak yang terdapat di dalam limbah tersebut. adapun beberapa proses yang berlangsung pada tahap ini adalah  screen and grit removal, equalization and storage serta oil separation. 

  • Pengolahan tahap  pertama primary treatment

Pengolahan pada tahap pertama ini sendiri mempunyai tujuan sama dengan pengolahan tahap awal. Adapun perbedaannya adalah ia proses berlangsungnya. Di dalam ini proses yang terjadi adalah neutralization, chemical addition and coagulation, flotation, sedimentasion dan filtration. 

  • Pengolahan tahap kedua atau secondary treatment 

Tahap yang kedua ini sendiri mempunyai tujuan untuk menghilangkan berbagai macam zat terlarut dari limbah dimana tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan proses fisik. Ada beberapa peralatan yang biasanya digunakan untuk pengolahan air limba ini seperti activated sludge, trickling filter, anaerobic lagoon, stabilization bazin hingga filter. 

  • Pengolahan tahap ketiga atau tertiary treatment 

Adapun beberapa proses yang terlibat di dalam pengolahan air limbah tahap ini seperti coagulation and sedimentation, filtrasi, penyerapan karbon, ion exchange, separasi hingga thickening gravity. Pada proses ini sendiri dilakukan pemisahan secara kimia dimana memurnikan air yang  belum sepenuhnya bersih. 

  • Pengolahan lumpur 

Tahap terakhir proses pengolahan air limbah  adalah pengolahan lumpur.  Lumpur yang terbentuk tersebut sebagai hasil dari tahap keempat dari pengolahan yang sebelumnya. Kemudian akan diolah melalui proses digestion atau wet combustion, vacuum filtration, pressure filtration, lagooning ora drying bed hingga landfill 

Tujuan atau manfaat pengolahan air limbah 

Setelah mengetahui apa saja tahapan di dalam pengolahan air limbah, anda juga wajib untuk mengetahui apa sajakah tujuan pengolahan air limbah tersebut agar anda tidak meremehkan kembali  keberadaan pengolahan air limbah. Langsung saja, simak ulasan di bawah ini. 

  1. Untuk mencegah penyebaran penyakit akibat air limbah

Perlu anda ketahui air limbah sendiri mempunyai berbagai macam kandungan yang berbahaya dan beracun, apabila tidak diolah dengan baik maka bisa menimbulkan berbagai macam masalah penyakit di masyarakat bukan. guna untuk mencegah adanya penyakit akibat air limbah tersebut maka anda bisa langsung melakukan pengolahan air limbah tersebut. 

  • Sebagai sumber air bersih 

Tidak hanya itu saja, pengolahan limbah cair rumah tangga tersebut juga  mempunyai  tujuan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat. Hal ini  tidak lain karena proses pengolahan dengan penyaringan yang ketat mampu memisahkan racun dari air limbah agar menjadi air bersih. Salah satu Negara yang menjadikan limbah sebagai sumber air bersih adalah singapura dimana mempunyai pengolahan yang sangat bagus. 

  • Usaha anda tidak mengalami masalah

Apabila anda mempunyai usaha skala rumahan, anda juga tidak perlu khawatir apabila usaha anda mengalami berbagai macam masalah. Hal ini tidak lain karena anda sudah menyiapkan proses pengolahan air limbah domestic tersebut dengan baik. Dengan adanya pengolahan air limbah, maka produk yang anda miliki seperti produk makanan akan tetap steril. 

  • Mengurangi pencemaran pada sungai 

Dengan menerapkan konstruksi pengolahan air limbah  yang tepat maka anda bisa mengurangi adanya pencemaran sungai. Ya, pencemaran sunga ini sendiri memang sering kali di sebabkan  oleh limbah cair dari rumah tangga. Dengan sanitasi yang bagus, anda tidak perlu mengkhawatirkan akan adanya pencemaran sungai. 

  • Bisa menghemat biaya pengeluaran

Penerapan pengolahan air limbah septic tank yang benar ternyata juga akan mempengaruhi biaya pengeluaran yang akan anda dapatkan. Secara langsung anda juga akan lebih hemat biaya pengeluaran karena anda tidak perlu mencari obat untuk pencegahan penyakit  ataupun biaya untuk memperbaiki lingkungan akibat dampak limbah cair. 

Gunakan septic tank bio 

Untuk anda yang mempunyai sanitasi atau pengolahan limbah cair rumah tangga yang bagus, maka septic tank bio bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda. adapun harga septic tank biotech ini pun berbeda-beda di pasaran. Ada beberapa hal yang wajib anda ketahui sebelum memilih septic tank bio ini. 

  1. Anda bisa memilih jenis septic tank bio yang sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. Adapun perbedaan jenis tersebut berdasarkan dengan ukurannya. 
  2. Perhatikan juga bahan yang digunakan untuk pembuatan septic tank tersebut apakah anda menggunakan bahan HPE atau PVC
  3. Jangan lupa pastikan brand septic tank bio yang anda pilih juga menawarkan garansi. Keberadaan garansi ini sangat penting untuk memberikan jaminan terhadap septic tank tersebut. 

Sistem pengolahan air limbah ini memang wajib ada di setiap rumah untuk menjaga lingkungan di sekitar anda. demikian cara mudah pengolahan limbah rumah tangga yang wajib untuk anda perhatikan. 

Referensi : wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat With Us