Apa Tujuan Purifikasi Air Limbah dalam Proses Pengolahan Limbah

Apa Tujuan Purifikasi Air Limbah dalam Proses Pengolahan Limbah

Tahap Pengolahan Air Limbah

Apa tujuan purifikasi air limbah

Limbah merupakan sisa hasil produksi yang tidak lagi digunakan baik dari produksi industri ataupun industri rumah tangga. Limbah tersebut harus ditangani dengan benar agar lingkungan hidup manusia tetap terjaga dan tidak mengganggu aktivitas manusia. Bisa dibilang bahwa manusia tak pernah bisa terlepas dari limbah, karena selama manusia hidup maka limbah akan tetap ada. Oleh karena itu pengolahan limbah sangat penting diterapkan di mana saja, agar tidak menimbulkan berbagai masalah. Saat ini sudah banyak teknologi limbah yang diterapkan, namun masih banyak orang yang tidak peduli dengan keadaan limbah. Beberapa limbah bahkan digolongkan ke dalam limbah B3(bahan berbahaya dan beracun), di mana limbah tersebut memberikan efek buruk bagi manusia. Pada artikel ini akan kami rangkum tujuan purifikasi air limbah serta manfaatnya. 

Menjaga Lingkungan Hidup

Tujuan pertama dari pengolahan air limbah adalah untuk menjaga lingkungan hidup. Bisanya limbah dari hasil produksi baik industri atau rumah tangga dibuang begitu saja ke lingkungan hidup. Sungai merupakan tempat yang paling banyak digunakan orang untuk membuang limbah. Padahal dalam setiap limbah terdapat polutan yang bisa membahayakan bagi lingkungan.

Saat dibuang ke sungai misalnya air limbah tersebut dapat membuat air sungai jadi tercemar. Jika polutan pada air limbah mengandung zat yang berbahaya maka kehidupan di sungai tersebut juga jadi terancam. Ikan – ikan di sungai atau di laut yang telah mengkonsumsi limbah tersebut tentu tidak layak dikonsumsi manusia. Oleh karena itu sangat penting untuk mengolah limbah agar tidak merusak lingkungan hidup.

Menjaga Air dalam Tanah Agar Tidak Tercemar

tujuan purifikasi air limbah lainnya adalah untuk menjaga air dalam tanah agar tidak tercemar. Air merupakan kebutuhan utama manusia. Tanpa air bersih pastinya kualitas hidup manusia jadi terancam. Mengolah ari limbah dengan tepat akan membuat air dalam tanah tetap terjaga.

Baca juga : Pengolahan Limbah Medis di Puskesmas

Beberapa limbah cair seperti limbah rumah tangga tidak dialirkan ke sungai tetapi dibuang ke dasar tanah. Hal ini menyebabkan potentsi air tanah tercemar sangat mungkin terjadi. Jika air limbah telah bercampur dengan air tanah, maka kualitas dari air tersebut jadi berkurang. Air yang telah tercampur dengan air limbah tentu kurang baik jika dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu penting diterapkan proses pengolahan air limbah agar air tanah tersebut tetap terlindungi. 

Menghemat Biaya

Tujuan lain pengolahan air limbah adalah agar biaya produksi dapat dihemat dengan baik. Dengan teknologi pengolahan limbah yang semakin canggih dan semakin modern, maka air limbah bisa diolah sebaik mungkin. Sehingga air tersebut bukan hanya aman dibuang ke lingkungan tetapi juga bisa dimanfaatkan kembali untuk berbagai keperluan. Jika air limbah dapat dimanfaatkan kembali tentu biaya produksi bisa dihemat dengan baik. itu lah beberapa tujuan purifikasi air limbah.  

Wikipedia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat With Us